Lagi, Merapi Menyembur Lebih Dahsyat


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kesekian kalinya, Gunung Merapi memuntahkan awan panas, Jumat (29/10/2010) sekitar pukul 11.35 WIB. Semburan Merapi ini lebih panjang dengan durasi waktu lebih dari 22 menit. Luncuran awan panas itu menuju ke sebelah barat mengikuti arah angin.

Jarak luncuran tersebut mencapai radius 1,5 kilometer menuju Kali Krasak dan Kali Adem. Namun, dari Umbulharjo, luncurannya tidak kelihatan karena tertutup mendung. “Luncuran baru tidak terpantau karena tertutup awan. Tetapi dapat dilihat dari Klaten,” kata Yongki, anggota Basarnas, Jumat (29/10/2010) siang.

Pada semburan kali ini, awan panas wedhus gembel mengarah ke selatan. Dari Pos Babadan, Magelang, terpantau ada api di puncak Gunung Merapi.

Menyusul letusan itu, sejumlah petugas mengendarai ambulans dan Toyota Kijang kapsul naik ke atas untuk memberi tahu masyarakat yang masih berada di atas untuk segera meninggalkan rumahnya menuju posko pengungsian. Sejumlah anggota Brimob berseragam biru tua mengendarai sepeda motor tampak turun dari atas.

Dari pertigaan Umbulharjo, tepat di depan balai desa, petugas keamanan dari Batalion Infantri 403 Wira Sada Pratista, Kentungan, juga melarang warga yang berusaha naik ke atas.

From : Kompas.Com – Lagi, Merapi Menyembur Lebih Dahsyat

<!–/ halaman berikutnya–>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s